Kamis, 08 Juli 2010

Kawah Putih - Ranca Upas - Patenggang

Jalan-jalan kali ini tanpa rencana apa-apa. Cuma keinginan untuk menghabiskan liburan yang lumayan panjang. Jumat sampai dengan minggu. Melihat status teman-teman di facebook pun bikin tergerak.... iri terhadap mereka yang lagi sibuk packing dan akan jalan itu juga salah satu pemacu untukku, menikmati alam Indonesia.
Kamis malam pun masih belum pasti aku akan atau tidak. Dan dengan siapa aku akan perginya. Aku hubungi temanku di Bandung untuk menemaniku jalan-jalanku kali ini. Deal... dia setuju. Aku juga menghubungi temanku di Jakarta untuk ikut, dia pun setuju untuk gabung. Rencana hanya bertiga. Karena salah satu temanku tidak bisa ikut gabung. Semua kepastian akan aku kabari hari Jumat pagi.
Jam 8 pagi hari Jumat ijin pun sudah kudapat. Kuhubungi teman-temanku, baik di Bandung maupun di Jakarta. Deal, kita jadi akan berangkat. Jam 8.30 aku janjian bertemu dengan temanku di stasiun Jatinegara untuk naik kereta menuju Bandung. Sore hari akhirnya aku dan kawanku tiba di stasiun Bandung. Menanti temanku dan kita akan siap melakukan perjalanan menuju kawasan Ciwidey.
3 kali naik angkot dari stasiun untuk menuju kawasan ciwidey. Sampai disana sudah maghrib... bingung untuk mencari penginapan, akhirnya kita putuskan untuk makan malam terlebih dahulu sambil berpikir tentang penginapan. Akhirnya kita naik ojeg untuk menuju penginapan yang di recomended oleh kawan-kawan di blogspot. Ternyata penuh. Malang... dan bingung. Sabar... mungkin itu kunci perjalanan kali ini. Akhirnya kita susuri penginapan dengan berjalan kaki, kita tanya ke salah satu penginapan tak jauh dari penginapan yang di recomended oleh teman-teman blogspot. Masih ada satu kamar. Lega... Walaupun sedikit lebih mahal akhirnya kita putuskan untuk menginap disini. Lumayan juga tempat menginapnya. Besok pagi kita akan mulai menyusuri kawah putih, ranca upas dan pantenggang.
Jam 7 pagi kita putuskan untuk chek out dari penginapan dan akan mulai menuju kawah putih. Dengan menggunakan angkot kita menuju kawasan kawah putih. Sampai disana ternyata tiket kawasan kawah putih lumayan mahal. Rp.25.000 untuk sekali masuk dengan diantar pulang dan pergi oleh bus kecil menuju pintu dekat kawasan. Sampai disana masih lumayan sepi dikarenakan kita berangkatnya masih pagi. Lalu kita mulai berjalan-jalan di kawasan tersebut sambil menikmati indahnya kawah putih dan tak lupa mengabadikannya dengan berphoto di lokasi. Sudah puas dengan melihat, tiba-tiba kita melihat ada petunjuk untuk menuju kawah saat. Jarak tempuh hanya 2 km, terlihat di arah petunjuk tersebut. Akhirnya kita sepakat untuk melihat kawah saat juga. Ternyata jalannya tidak seperti menuju kawah putih yang hanya 500 meter saja. Cukup melelahkan jalan menuju kawah saat... sedikit menurun, tiba-tiba tanjakan... kurang lebih 30 menit kita menyusuri jalan setapak menuju kawah saat. Kita bertemu dengan 2 orang yang kembali pulang setelah mereka menyusuri jalan setapak ini kurang lebih hampir 1 jam. Karena mereka tidak menemukan tanda menuju kawah saat akhirnya mereka memutuskan kembali lagi. Setelah melihat cerita orang tersebut akhirnya kita memutuskan untuk turun. Ya... kawah saat, suatu saat mungkin kita akan kembali lagi untuk menikmati keindahanmu.
Sebelum menuju ranca upas kita memutuskan makan terlebih dahulu di kawasan ciwidey. Lumayan murah untuk ukuran nasi rames.... Setelah itu kita menaiki angkot kembali menuju pintu masuk kawasan ranca upas. Tiket masuk menuju kawasan ranca upas Rp.6.500. Temannya tenang, dan boleh untuk mendirikan tenda di kawasan tersebut. Dan juga terdapat penangkaran rusa. Bersantai-santai di kawasan ini begitu terasa indah. Udaranya pun terasa sejuk. Seandainya waktu dan kita membawa tenda mungkin kita akan mendirikan tenda untuk menikmati udara dan alam di kawasan ranca upas ini.
Satu target lagi perjalanan hari ini, patenggang. Sebuah danau di kawasan ciwidey. Terlihat begitu ramai sekali disana, mungkin karena kita sampainya sudah siang menjelang sore hari. Akhirnya kita mencari tempat berbeda untuk menikmati alam di kawasan patenggang. Tak lupa secangkir kopi menemani kita. Dan photo-photo pun kita lakukan untuk dokumentasi perjalanan kita.
Sore hari akhirnya kita akan kembali lagi ke Bandung untuk beristirahat dan bermalam disana. Karena esok hari kita akan menuju curug cimahi.
Jam 9 pagi sesudah berberes dan berkemas barang-barang, kita jalan menuju kawasan lembang untuk melihat curug Cimahi. 3 kali angkot lagi kita menuju kesana. Udaranya juga sejuk. Tapi sayang begitu sampai disana tertulis *TUTUP* pada loket masuk dengan biaya Rp.4.000 kalau kita akan kesana. Setelah aku tanya ternyata curuh Cimahi tutup dikarenakan longsor. Ya.. mungkin nanti kita akan kembali lagi ke sini. Akhirnya kita jalan-jalan di seputaran Bandung sekalian menuju Stasiun Kereta Api. Sampai di Stasiun kereta api ternyata tiket hari ini seluruh jadwal keberangkatan telah habis. Telpon travel pun ternyata habis. Akhirnya kita memutuskan untuk makan terlebih dahulu di depan Stasiun, rumah makan Warung sate.Sambil makan aku dan temanku akhirnya memutuskan untuk naik bus pulang ke Jakarta dari terminal leuwi panjang menuju pulo gadung.

Thanks to:
Onny: dah mau ikut bu dan jadi temen jalan walaupun.... :D *rahasia mode on*
ryo: tuan rumah yang baik selama di bandung