Kamis, 08 Juli 2010

Kep. DERAWAN

Terkadang kita perlu pembuktian untuk menjadi saksi betapa sempurna lukisanNya di bumi ini. Yang membuat kotor adalah tangan2 kita, manusia yang terkadang begitu serakah ingin memiliki semuanya.

Derawan, sebuah pulau yang terletak di semenanjung utara perairan laut Kab. Berau, Kalimantan Timur yang terdiri dari 31 gugus kepulauan (wikipedia). Terumbu karang di Kep. Derawan mempunyai spesies hingga 460 sampai 470 dan ini menunjukkan bahwa ini menjadi kekayaan biodeversitas nomor dua setelah raja ampat.

11 orang, tentunya dengan aku akan pergi kesana. 6 orang berasal Kalimantan Timur dan 5 orang lagi berasal dari Jakarta (termasuk aku).

Janjian dengan seorang temanku di Stasiun gambir untuk naik Damri menuju bandara soekarno-hatta. Ya... kita hanya berdua, dikarenakan temanku dari jakarta ada yang naik pesawat pagi, petang dan juga malam hari. Bada’ Ashar kita berangkat menuju ke bandara untuk naik pesawat menuju balikpapan pukul 18.45.

Tiba di bandara kita dijemput oleh 2 orang teman dari Jakarta dan 1 orang teman dari Kalimantan Timur. Kita akan bermalam dulu di balikpapan karena sudah larut. Pagi hari kita berenam (1 temanku tiba malam) menuju ke samarinda dengan lama perjalanan 2,5 jam, sebagai titik point pertemuan sebelum kita berangkat menuju Derawan.

Tibalah saatnya kita menuju bandara Temindung untuk naik pesawat Trigana ke bandara Kalimarau di Tanjung Redep yang akan kita tempuh selama 45 menit. Setelah itu kita juga menempuh jalan darat menuju dermaga Tanjung Batu dengan waktu 2,5 jam yang sudah dicarter sebelumnya sama temanku untuk mengantar dan menjemput kita. Hikz... bisa dibayangkan lama perjalanan kita dari pagi hari.

Setelah sampai di dermaga Tanjung Batu kita akan menaiki speed boat yang sudah kita carter selama perjalanan kita di Kep. Derawan, menuju Pulau Maratua, salah satu gugus Kep. Derawan dengan jarak 1,5 jam perjalanan air. Kita akan menginap semalam disana. Di Maratua Resort, resort yang dimiliki oleh orang Malaysia. Indonesia? Jangan berharap. Takjub... kesan pertama begitu sampai disana pada sore hari, bening... banyak ikan dan biota laut yang lain yang bermain di dekat resort tersebut.

Langit mendung, menjadi halangan bagi teman2ku yang ingin mengabadikan matahari terbenam di Maratua. Hanya kata sabar... mudah2an besok pagi kita bisa mengabadikan matahari terbit di Maratua. Akhirnya untuk melipur lara melakukan aktivitas sesuai keinginan kita. Ada yang berenang, berphoto2 ria dan juga ada yang merenung, merasa terkesima dengan indahnya pulau maratua. Fasilitas kamarnya pun, bagus. Sambil berkhayal.... kalau kamarku seperti ini. :D

Pagi2 pun tiba. Udara cerah bersahabat, tapi sayang matahari tertutup awan seperti malu ingin menampakkan dirinya. Yach... akhirnya seperti kemarin, kita berphoto2 kembali... *narsis mode on*

Pagi jam 9, setelah kita sarapan kita akan berangkat mengunjungi pulau kakaban, payu2 dan juga pulau sanglaki. Dan kita akan bermalam di Pulau Derawan untuk 2 malam. Pulau kakaban, pulau indah yang misterius menurutku, berpenghuni ubur2 air tawar yang tidak menyengat, hanya terdapat 2 tempat di dunia ini. Pulau Sanglaki, pulau untuk penangkaran penyu. Dan tak jauh di tempat tersebut ada habitat ikan manta (sejenis ikan pari) yang hidup di perairan tersebut. Kalau di pulau payu2 terdapat sebuah menara, entah fungsinya untuk apa. Jarak antar pulau ke pulau kurang lebih kita tempuh 1 jam perjalanan. Tibalah kita sore hari di Pulau Derawan, salah satu gugus kep. Derawan. Acara kita di pulau derawan selama 2 hari adalah melihat penyu, berenang, snorkling dan tidak ketinggalan photo sesion. :D

Kita akan chek out dari Pulau Derawan minggu pagi. Seperti waktu kita menuju balikpapan, 5 orang Jakarta (termasuk aku) pun akan pulang dengan pesawat yang berbeda.

Terima kasih untuk teman2 seperjalananku ke Kep. Derawan dan juga para guide serta driver yang mengantarkan kami. Untuk acu n akam, thanks a lot sudah menjadi tuan rumah yang baik. Jangan kapok yach... :D